Minggu, 02 Mei 2010

ISLAMISASI DI INDONESIA

Islam pada awalnya masuk ke Indonesia akibat adanya perdagangan dan pelayaran internasional yang pada saat itu,jalur perdagangan internasional Timur tengah-India-Malaka-Cina merupakan satu - satunya jalur perdagangan Asia yang sangat ramai.Bersamaan dengan kesibukan perdagangan antar bangsa yang melewati Indonesia itulah,Islam masuk ke Indonesia.
    Islam masuk ke Indonesia ketika sebagian masyarakatnya sudah memeluk agama Hindu atau Budha,atau saat masyarakat masih memeluk kepercayaan asli,atau bahkan saat Hindu dan Budha dan kepercayaan asli bercampur saling mempengaruhi.Namun yang jelas,agama Islam datang setelah agama Hindu dan Budha masuk terlebih dahulu ke Indonesia.
Penyebaran pengaruh Islam yang berasal dari jazirah Arab ke Asia dan benua lainya,yang menimbulkan pusat - pusat agama Islam di kawasan tersebut.Yang mana berperan sebagai pusat pemerintahan dan peradaban,juga berperan dalam penyebaran agama Islam ke wilayah sekitarnya.Indonesia telah mengadakan hubungan ekonomi,hubungan sosial,dan hubungan politik dengan pusat - pusat Islam di Asia Selatan maupun puasat - pusat Islam lainnya.
 Hubungan dalam bidang ekonomi sudah dilaksanakan sejak lama.Lebih - lebih pada abad ke-7,dimana perdagangan begitu ramainya,terutama di Selat Malaka.Sedangkan bandar - bandar di Indonesia berada di seputar Selat Malaka,yang tentu saja sangat ramai dikunjungi pedagang mancanegara.Hasil hutan dan rempah - rempah dari Indonesia turut diperdagangkan,bahkan merupakan barang dagangan yang sangat laku.
 Hubungan dalam bidang sosial ditandai dengan adanya interaksi sosial antara para pedagang muslim yang banyak bermukim di Indonesia dengan masyarakat setempat.Adanya interaksi sosial inilah yang akhirnya memberikan pengaruh masuknya nilai agama Islam sehingga semakin banyak yang memeluk agama Islam.
Hubungan dalam bidang politik terjalin setelah kerajaan Islam berdiri di Indonesia pada abad ke-13 M,yaitu saat berdirinya Kerajaan Samudra Pasai di Aceh.
 Hubungan Indonesia dengan pusat - pusat Islam lainnya pun sudah sangat intensif.Selain dalam rangka membendung dominasi Portugis di Selat Malaka,hubungan itu juga nampak dari pusat - pusat perdagangan di Asia,yang berhubungan dengan kerajaan Islam di Jawa,Kalimantan,Sulawesi,dan Maluku.Kerajaan Samudra Pasai pun telah menjalin hubungan dagang dan politik dengan Cina,India,dan Asia Barat.
 Hubungan antara Indonesia dengan pusat - pusat perkembangan Islam di Bagdad,Kairo,Kordoba,dan sudah terjadi sejak sebelum abad ke-15,meskipun hubungan itu tidak langsung,tetapi melalui jalur - jalur perdagangan yang sedang berkembang.

Sumber : Buku Paket Elektronik


Sekian dulu posting dari saya,semoga bisa bermanfaat khususnya untuk kita para pemeluk agama Allah S.W.T Yang Maha Agung.

1 komentar:

  1. nais info,,,serasa belajar SKI nih...

    http://grou.ps/kontra24/

    jangan lupa gabung disitu,,,

    FACEBOOKNYA AL-FALAH.

    BalasHapus

TRIMAKASIH BANYAK ATAS KUNJUNGANNYA KE BLOG SAYA
TOLONG TINGGALKAN KOMENTAR,MASUKAN,KRITIK,DAN SARAN UNTUK MEMBANTU KEMAJUAN BLOG INI.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...